Monday, January 4, 2010

Bayi prematur


Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran maka pemahaman dokter terhadap fisiologi neonatus, respon terhadap puasa, anestesi, stress operasi dan inflamasi sistemik mengalami kemajuan. Neonatus bukanlah manusia mini, fisiologi dalam arti termoregulasi, kebutuhan kalori dan cairan akan berbeda, terutama pada bayi premature dan bayi terlambat berkembang.

Prematur, Small-for –Gestational-Age, IUGR
Neonatus dapat diklasifisikan menurut usia kehamilan sebagai berikut
  • Preterm dengan usia kelahiran < 37 minggu. 
  • Term usia kelahiran antara 37-42 minggu. 
  • Post term usia kelahiran > 42 minggu.
Usia kehamilan ini dapat diperkirakan antenatal atau pada hari pertama dengan menggunakan Ballard Skore (Gambar 1). Perbandingan antara berat badan dan usia kehamilan (gambar 2) dapat digunakan untuk mengelompokkan neonatus menjadi small, appropriate, large untuk usia kehamilan.

Lingkar kepala dan panjang badan juga diukur dan dibandingkan dengan usia kehamilan untuk memperkirakan pertumbuhan intrauterine (gambar 3). Jika berat badan bayi < persentil 10 maka bayi dikatakan small untuk usia kehamilan, bayi yang berat badannya >90 persentil maka dikatakan large untuk usia kehamilan. Secara umum bayi preterm memiliki berat badan < 2500 gram, panjang kepala-tumit <47 cm, lingkar kepala < 33cm, serta lingkar dada <30 cm. Bayi preterm memiliki kekurangan fisiologis karena imaturitas berbagai organ secara anatomi maupun fungsional. Masalh yang biasa terjadi adah tremoregulasi yang sulit, masalah respirasi, imatur renal, pertahanan terhadap infeksi yang lemah, konjugasi serta ekskresi bilirubun,dan perdarahan diathesis. Bayi prematur dapat dikelompokkan berdasarkan berat badannya menjadi sebagai berikut :
  • Moderatly low birth weight (1501-2500 gr). Kelompok ini mewakili sekitar 80% semua bayi prematur. Resiko kematian bayi ini 40 kali lebih tinggi dibandingkan bayi matur.
  • Very low birth weight (1001-1500 gr). Kelompok ini sekitar 12% dari bayi prematur. Resiko kematian bayi ini sektar 200 kali bayi matur.
  • Extremely low birth weight (≤1000 gr). Kelompok ini sekitra 6 % dari bayi prematur. Resiko kematiannya sekitar 600 kali lebih tinggi dibanding bayi matur. 
Definisi IUGR (Intra Uterine Growt Retardation) masih belum jelas di litelatur. IUGR biasanya didefinisikan sebagai pengurangan pertumbuhan intrauterine yang tercatat yang dideteksi dengan USG. IUGR terdiri atas 2 tipe :
  • Simetris, yaitu proporsi tubuh yang seimbang (kepala kecil, tubuh kecil), mengacu pada IUGR yang lebih berat.
  • Asimetris, mengacu pada lingkar perut yang kecil, penurunan lemak dan sbukutan perut, pangurangan massa otot, dan lingkar kepala dalam batas normal. Bayi tipe ini akan lebih capat menyusul keterlamabatan pertumbuhannya. 
Bayi prematur diharapkan akan mampu menyusul keterlambatannya pada usia 2 tahun. Bayi yang lahir dengan usia kehamilan setelah minggu 29 biasanya akan mampu menyusul keterlambatannya. Bayi yang lahir sebelum usia kehamilan 29 biasanya akan tertinggal dalam hal tinggi badan dan berat badan, diperlukan pengukuran pada usia bayi 1 minggu dan 2 tahun untuk mengetahuinya.

0 comments:

Post a Comment

 

Template by NdyTeeN