Friday, December 18, 2009

Ciri-ciri Fraktur Tulang Kepala


Berbeda dengan fraktur di tulang ekstremitas yang mudah terlihat, fraktur di tulang tengkorak seringkali susah dibedakan dengan vasa atau pembuluh darah pada gambaran rontgen. Berikut ini beberapa patokan yang dapat digunakan untuk menentukan suatu garis di foto polos kepala merupakan garis fraktur atau bukan.
  1. Fraktur biasanya sesuai dengan jejas lokal.
  2. Garis fraktus lebih tegas (lebih radioluscen), lebih ramping dan lebih lurus dibanding pembuluh darah (pembuluh darah biasanya bercabang).
  3. Garis fraktur biasanya tidak melewati garis sutura.
  4. Pembuluh darah biasanya akan sesuai dengan letak dan gambaran anatomis, sedangkan fraktur tidak. Untuk lebih mudah diingat, pembuluh darah biasanya membentuk garis bercabag yang menyebar dari pusat (di sekitar gambaran telinga) membentuk sudut sekitar 45°.
Jika masih susah dengan cara diatas, dan pada kepala pasien terdapat luka pada lokasi yang kita curigai, maka perlu dilakukan ekplorasi luka terutama dasar luka untuk menentukan ada tidaknya fraktur. (AJ)

2 comments:

joe.nccu said...

berarti SBF juga ga bisa di iat di CT scan Ya?...

Andi said...

Kepada Yth. Dokter Bedah Saraf

Anak saya sempat terjatuh dari ranjang dengan ketinggian sekitar 1 meter, kepala anak saya jadi bengkak, lalu saya bawa ke rumah sakit, setelah itu dirontgen, dan ternyata ada retak di kepala sebelah kanan.

Apakah retak di kepala anak saya ini bisa membaik?

Terima kasih.

Post a Comment

 

Template by NdyTeeN